Tips Sukses Menyempurnakan Komputer

Lanjut lagi, belajar komputer pada perawatan komputer. Pada artikel sebelumnya dalam seri 20 kiat sukses menyempurnakan komputer telah saya bahas 10 tips utama perawatan komputer. Nah kali ini saya akan bahas lagi 6 tips untuk sebagai lanjutannya.

Atur pilihan start menu
Mengapa? : Karena dengan banyaknya program-program dalam komputer Anda maka ketika Anda mengklik start akan keluar daftar program yang begitu panjang. Ini bisa menimbulkan masalah; misalnya susah mencari program yang dimaksud karena ikon terlalu banyak dan bisa juga terjadi salah masuk atau salah klik. Idealnya start menu itu harus ramping sehingga begitu klik start Anda langsung menemukan program yang Anda tuju.

Maka : untuk merampingkan isi start menu silakan klik kanan pada menu [Start] dan pilih [Explore] lalu klik lagi [Explore All Users] untuk XP dan untuk Vista cukup klik [Start] dan langsung pilih [Explore All Users]. Didalam window programs inilah silakan Anda mengatur start menu. Anda bisa mengambil satu file dan masukkan disini maka ketika Anda mengklik start file tersebut langsung kelihatan. Buatlah kelompok-kelompok folder disini dan jangan takut memindahkan dan menyederhanakan/mengurangi foldernya dan memasukkan kedalam folder lain. Foldernya tidak akan hilang. Singkatnya Anda bisa mengatur berapa folder yang ingin Anda tampilkan pada menu start.

Manajemen Folder Diperlukan
Mengapa? Karena mungkin Anda pernah bingung mencari sebuah file dan dengan susah payah Anda mencari barulah ketemu. Ini disebabkan karena tidak ada manajemen folder.

Maka : Aturlah semua data dalam komputer Anda berdasarkan kelompoknya masing-masing dengan kriteria tertentu sehingga Anda mudah mendapatkannya kembali ketika dicari. Sebagai contoh dalam drive D: Anda bagi menjadi 4 folder utama yaitu Musik, Gambar, Presentasi, Kantor. Kemudian dalam folder tersebut masih mempunyai sub-bagian misalnya musik terdiri dari folder Musik Rock, Pop dan lain-lain. Begitulah seterusnya. Dengan demikian maka ketika Anda membuka Drive D: hanya ada 4 folder yang muncul dan dari sanalah petunjuk Anda akan menuju ke folder mana.

Memilih Service Windows Berjalan
Mengapa? : Saya pernah membahas bahwa Anda harus mengenali seberapa banyak aplikasi yang sedang berjalan pada komputer anda. Karena aplikasi yang sedang jalan di Komputer biasanya bukan hanya aplikasi yang sedang kita jalankan melainkan sebenarnya ada juga aplikasi-aplikasi lain yang sedang jalan di belakang layar. Siapa tahu diantaranya ada virus. Fasilitas Service dapat kita gunakan untuk melihat semua aplikasi tersebut.

Membuka File dengan program Yang tepat
Mengapa? Pernahkan Anda membuka file dan yang terbuka malah yang aneh-aneh misalnya file word tetapi isinya kotak-kotak kecil semua dan tidak bisa dibaca? Jangan panik ini bukan virus komputer tetapi file yang dibuka dengan program yang tidak tepat.

Maka : Setiap file harus dibuka dengan program yang tepat. Caranya buatlah satu folder baru (nantinya akan dibuang kembali) lalu masukkan masing-masing satu jenis file kerja yang ada di komputer Anda, misalnya file PDF, Word, file gambar JPG, Excell, Power point, file html dan seterusnya. Kemudian lakukan langkah ini; klik kanan pada masing masing file lalu pilih properties. Di jendela baru perhatikan apakah file tersebut (mis file.html) sudah dibuka dengan program yang benar yaitu firefox. Lakukan hal yang sama pada file word dan lihat juga pada jendela [Properties] kolom open with apakah sudah cocok. Logikanya file word dibuka dengan program word, excell dibuka dengan excell dan seterusnya. Jika ada yang tidak cocok maka Anda bisa mengubah dengan mengklik [change] lalu mencari program yang sesuai.

Mengatur Folder Option
Mengapa? Salah satu cara untuk mendeteksi penularan virus adalah dengan mengatur folder option. Hal ini penting karena file execute virus hampir selalu dalam keadaan hidden file jadi Anda tidak bisa langsung melihatnya.

Maka : Untuk menampilkan file yang tersembunyi dalam komputer silakan buka Control Panel dan buka Folder Options. Pada jendela baru pilih tab [View] dan pilih [show hidden files and folders] lalu klik [OK]. Nah dengan demikian setiap file yang disembunyikan yang menyusup kekomputer Anda bisa diawasi jika ada yang masuk.

Mengatur Quick Launch
Mengapa? Karena ada kalanya kita malas masuk ke menu start lalu mencari-cari program yang akan dijalankan. Bisa diatasi dengan shortcut dari desktop tetapi dekstop yang terlalu ramai kelihatan kurang cantik, kesannya berantakan.

Maka : masih ada jalan lain yang selain bisa mengakses program dengan cepat juga sekaligus mempercantik desktop pada taskbar yaitu melalui Quick Launch. Cara memasukkan shortcut ke Quick Launch mudah sekali bisa melalui windows explore dan lebih mudah lagi langsung klik ikon shortcut dan seret ke daerah Quick Launch pada taskbar. Nah beres deh.

Singkatnya perawatan komputer bukanlah pekerjaan yang susah dan dalam memantapkan belajar komputer anda artikel ini masih akan berlanjut.

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi