Foto-foto dan Video Tsunami Jepang Luar Biasa

Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter yang terjadi di Jepang, Jumat (11/3/2011) siang, tercatat sebagai gempa terbesar sepanjang sejarah yang pernah terjadi di Negeri Sakura. Sepanjang catatan kegempaan di Jepang, belum pernah terjadi gempa kuat yang langsung disusul tsunami tersebut.

Asap hitam juga membubung dari kawasan industri di daerah Yokohama Isogo. Terlihat perahu, mobil, truk, serta pesawat terbang hanyut disapu tsunami. Sebuah jembatan, lokasinya tidak diketahui, tampak runtuh ke dalam air.

Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya menyatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 7,9 SR dan berpusat di kedalaman 24,3 km sekitar 130 km sebelah timur Sendai di pulau utama Honshu. Namun, USGS kemudian menyatakan bahwa gempa berkekuatan 8,9 SR.





 

Berita mengenai bencana gempa dan tsunami di Jepang menyebar dengan cepat di internet. Media sosial internet dan website telah menjadi pusat informasi real-time ketika bencana tersebut terjadi. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Sabtu (12/3/2011). Tidaklah mengejutkan kalau gempa sebesar 8,09 skala richter tersebut menyebar dengan cepat di Twitter, situs video dan blog.

"Media sosial internet menjadi satu-satunya media komunikasi di Jepang saat itu, karena layanan telepon seluler rusak," ujar Brian Gilespie dari Texas, AS. Ia menghubungi teman-temannya di Jepang melalui Twitter dan Facebook. Gillespie juga mengatakan kalau Mixi, situs jejaring sosial terbesar di Jepang, juga banyak digunakan untuk melacak keberadaan korban bencana tersebut.

Banyak warga jepang yang meng-update status dari negaranya melalui internet. Lalu ribuan wartawan dan jurnalis menyambungkan berita tersebut ke seluruh dunia. Lihat video tsunami jepang 2011 disini >> Video Tsunami Jepang 2011

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi