Menanam Meta-tag pada Blogger anda untuk SEO

Meta-tags merupakan salah satu cara yang dilakukan para blogger dalam hal optimasi search engine. Meta-tags sangatlah penting, terutama jika blog kita sedikit kontent teks-nya, atau kebanyakan isinya hanya berupa teks saja.

Dengan menggunakan meta-tags, kita memberi keterangan singkat kepada search engine mengenai isi dari web/blog kita. Hal ini akan mempermudah search engine dalam mengindeks halaman blog kita.

Akan lebih baik jika Anda tidak mensubmit terlebih dahulu URL blog Anda ke Search Engine sebelum membuat dan mengoptimalkan Meta-tags Anda.

Lalu bagaimana caranya membuat meta-tags? Berikut langkah-langkahnya:

1). Login di blogger, klik page elemen/elemen halaman blog yang akan diberi meta-tags, klik edit HTML

2). Cari kode seperti di bawah ini, kode ini terletak dibagian atas.
<title><data:blog.pagetitle/></title>
3). Jika sudah ketemu, tambahkan kode seperti ini di bawah kode yang tadi..
<meta content="DESKRIPSI BLOG" name="description">
<meta content="
KEYWORDS ANDA" name="keywords">
<meta content="
ISI AUTHOR NAME" name="author">
<meta content="
INDEX, FOLLOW" name="ROBOTS">
4). -Ganti ‘DESKRIPSI BLOG’, dengan keterangan mengenai blog Anda.
     -Ganti ‘KEYWORDS ANDA , isi dengan kata kunci pilihan Anda yang dipisahkan dengan tanda koma, misal seperti dibawah ini:
<meta content="bisnis internet, duit gratis, bisnis tanpa modal, uang" name="keywords">
atau bisa juga tanpa menggunakan tanda koma, contoh dibawah ini:
<meta content="bisnis internet duit gratis bisnis tanpa modal uang" name="keywords">
Sebaiknya Anda tidak menggunakan lebih dari 25 Keywords pada meta-tags serta kurangi menggunakan “Single Keywords”, yaitu keyword yang hanya terdiri dari satu kata. Hal ini dikarenakan persaingan untuk single keywords di search engine sangat besar serta kurang tertarget, sehingga kurang optimal untuk blog Anda.

   -untuk ISI AUTHOR NAME yaitu isi dengan nama/alamat e-mail.

5. Jika sudah selesai semua, klik simpan/save template.

6. Untuk Anda pengguna web (Bukan blog) agar lebih mudah dalam membuat meta-tags, silahkan menggunakan tool Meta-tags Generator yang tersedia di Blog ini. Ikuti langkah-langkah yang diberikan. Setelah selesai, Copy paste kode-kode mata-tags tersebut ke halaman web Anda.

Deskripsi dan keywords adalah bagian meta-tags yang paling penting. Deskripsi menjelaskan tentang konten halaman blog Anda secara umum, dan biasanya deskripsi akan muncul beserta dengan judul blog Anda di Search Engine.

Sementara keyword menyediakan kata-kata kunci penting yang digunakan untuk mencari halaman blog anda di search engine. Isikan keyword sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan isi blog anda (Maksimal 25 keyword).

Namun, untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, Anda harus menganalisa mata-tags Anda apakah sudah sesuai dengan isi blog Anda. Ini disebut dengan Meta-tags Analyzer.


Sudah ada 2 komentar, tambain donk.!

  1. thanks atas informasinya yang sangat bermanfaat dan mudah dicerna

    BalasHapus

Kalau tidak mau tambah komentar ya, tinggalin duwit ya?