Kiat Esemka Buatan Siswa SMK Surakarta

Mobil Kiat Esemka terus ramai menjadi perbincangan di tanah air. Setelah mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) buatan Siswa SMK Surakarta ini dipromosikan oleh walikota Solo, Joko Widodo. Kiat Esemka pun menjadi buruan banyak orang, mulai dari para menteri, politisi Senayan, dan artis. Namun jika ditelisik lebih dalam, mobil ini memiliki kemiripan dari segi desain dengan beberapa mobil di China dan India. Salah satunya adalah Foday Explores III. Mobil besutan pabrikan China, Foday, ini juga mampu menampung tujuh penumpang, seperti Kiat Esemka.

Desain interiornya juga terbilang serupa, mulai dari tampilan grill, bumper, dan foglamp. Namun untuk bagian lampu depannya, Foday Explores III, menggunakan model proyektor. Sementara Kiat Esemka menganut sistem diamond cut --model yang digunakan Honda CR-V. Foday Explores III dan Kiat Esemka memang terlihat mengadopsi dua merek mobil Honda CR-V dan Ford Everest. Itu terlihat jelas dibagian depan dan belakang bodi.

Mobil lain yang tak kalah mirip dengan Kiat Esemka adalah SUV buatan India, Force One. Bentuk grill dan headlamp terlihat serupa. Hanya saja, headlamp Force One sudah mengadopsi lampu berproyektor dengan aksen LED. Kemiripan juga terlihat di bagian interior. Tepatnya pada dashboard dan kemudi stir. Namun soal dapur pacunya, Esemka masih juga tertinggal. Force One mengandalkan mesin diesel 2.2 liter FMTech CRDI berlisensi Daimler AG, Jerman. Mesin ini bertenaga 140 dk dan torsi 321 Nm ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 kecepatan.







Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi