Gerhana Matahari Cincin 2012

Gerhana matahari cicin pada tahun 2012 ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20 Mei, dan mungkin akan terlihat dari sebagian besar wilayah Indonesia.

Gerhana matahari cincin, adalah gerhana matahari yang cukup indah sebab matahari akan terlihat seperti lingkaran cincin untuk beberapa saat. Gerhana matahari cincin terjadi apabila bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari matahari.

Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari. Sehingga ketika piringan bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan matahari akan tertutup oleh piringan bulan. Bagian piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan, berada di sekeliling piringan bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.



Gerhana matahari dapat dibagi menjadi tiga, yakni gerhana matahari total, gerhana matahari sebahagian dan gerhana matahari cincin. Yang paling berbahaya dari semua gerhana itu adalah gerhana matahari total, dimana semua piringan matahari akan tertutup oleh piringan bulan sehingga suasana di bumi akan terlihat agak gelap walaupun itu di siang hari.

Gerhana Matahari tidak dapat berlangsung melebihi 7 menit 40 detik. Ketika gerhana matahari, orang dilarang melihat ke arah Matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan.

Dapatkan Uang dari Blog Anda dengan BidVertiser

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi