Membuat LCD Biasa Jadi Layar Sentuh (TouchScreen)

Mengubah LCD Biasa Jadi Layar Sentuh(Touch Screen). Sebuah kabar gembira bagi anda yang suka dan ingin memiliki layar sentuh alias touchscreen. Albatron Technology, salah satu produsen komponen dan perangkat komputer asal Taiwan akan menghadirkan External Multi-touch Module EM215 di ajang Computex 2010 yang akan datang. Secara singkatnya, alat ini bisa mengubah LCD biasa jadi Layar sentuh.

Perangkat EM215 mengadopsi teknologi optik dan kompatibel dengan fitur sentuh milik Windows. Dengan demikian, pengguna bisa menginstalasikan EM215 dengan mudah, hanya dengan menancapkannya ke port USB.

“Windows 7 mendukung teknologi sentuh, akan tetapi sebagian besar pengguna tak bisa menikmatinya kecuali mereka membeli PC atau monitor yang mendukung layar sentuh,” kata juru bicara Albatron, pada keterangannya, 20 Mei 2010.

Albatron menyebutkan, dengan menggantungkan EM215 yang tebalnya hanya 1,9 milimeter pada monitor LCD yang dimiliki pengguna, mereka bisa mengupgrade layar LCD mereka menjadi layar sentuh dengan mudah.

EM215 sendiri merupakan modul layar sentuh eksternal yang didesain untuk monitor LCD ukuran 21,5 inci dengan aspek rasio 16:9. Meski demikian, Albatron mengklaim alat tambahan ini juga kompatibel dengan monitor 16:9 atau 4:3 lain yang memiliki ukuran tampilan di bawah 478×269 milimeter.

Hadir tanpa perangkat ataupun driver tambahan, di Windows 7 alat ini mendukung multi-touch. Adapun di Windows XP dan Vista, hanya mendukung single-touch. Kalibrasi sendiri tersedia secara default, pengguna sudah tidak perlu mengatur setting kalibrasi sentuh.

Pengguna bisa menggunakan jari, ballpoint, atau penggaris sebagai alat sentuh. Pada perangkat ini, Albatron juga sudah menyediakan lapisan anti gores. Saat beroperasi, EM215 hanya membutuhkan daya kurang dari 1 watt saja.


Sudah ada 2 komentar, tambain donk.!

  1. Nice info, dmn saya bisa mendapatkannya, di indonesia sdh ada kan....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blum ada informasi lanjut bung, coba googling bung mungkin sudah dijual secara online

      Hapus

Kalau tidak mau tambah komentar ya, tinggalin duwit ya?