Neil Armstrong Tinggal Kenangan



Neil Alden Armstrong (lahir di Ohio, Amerika Serikat, 5 Agustus 1930 – meninggal 25 Agustus 2012 pada umur 82 tahun) adalah seorang astronot, pilot uji coba, teknisi penerbangan, profesor universitas, dan Penerbang Laut Amerika Serikat. Ia merupakan orang pertama yang berjalan di Bulan. Sebelum menjadi astronot, Armstrong adalah perwira Angkatan Laut Amerika Serikat dan pernah berdinas di Perang Korea. Pascaperang, ia menjadi pilot uji coba di Stasiun Penerbangan Kecepatan Tinggi Komite Penasihat Penerbangan Nasional, sekarang Pusat Penelitian Penerbangan Dryden, tempat ia mencatatkan hampir 900 penerbangan. Ia lulus dari Universitas Purdue dan menyelesaikan studi sarjananya di Universitas California Selatan.

Laman berita Christian Science Monitor Minggu, 25 Agustus 2012, melaporkan perjalanan pertama di bulan dengan Buzz Aldrin pada 20 Juli 1969 menandai titik tertinggi dari program luar angkasa berawak AS. Kata-katanya saat menginjakkan kaki di bulan: "That's one small step for [a] man, one giant leap for mankind" menjadikan kata-kata ikonik bagi Armstrong.

Tapi Armstrong menepis semua pembicaraan status pahlawan, setidaknya untuk dirinya sendiri. "Kita semua ingin diakui bukan sebagai salah satu bagian dari kembang api, tetapi untuk buku besar dari pekerjaan kita sehari-hari," katanya dalam sebuah wawancara di CBS program "60 Minutes" pada tahun 2005. Adapun tanggapan mengenai selebriti: "Saya tidak layak mendapatkannya," katanya.

Setelah memimpin misi Apollo 11, Armstrong mengambil pekerjaan di NASA, kemudian mengajar engineering di University of Cincinnati, bertugas di beberapa perusahaan, dan bekerja di sektor pertanian di barat daya Ohio.

Dia mengatakan dia menyesal tidak menghabiskan waktu bersama keluarganya, seperti yang ia inginkan. Dia juga menyesalkan bahwa program ruang angkasa AS tidak membuat kemajuan lebih.

"Saya benar-benar berharap bahwa pada akhir abad ini kita akan mencapai jauh lebih banyak daripada yang kita lakukan," katanya kepada "60 Minutes."

Berakhirnya Perang Dingin juga menandai berakhirnya dominasi penjelajahan ruang angkasa. "Ketika kami kalah kompetisi, kami kehilangan kemauan untuk melanjutkan."




Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi