Tafsir QS Adz-Dzaariyat: 56-58 Eksistensi Manusia

Rutinitas hidup yang dijalani terkadang menjebak manusia yang membuatnya berpikir bahwa hidup ini ibarat putaran atau siklus tiada henti. Seakan-akan hidup ini hanya satu kesamaan dengan yang lain. Maksudnya ketika lahir, kemudian sekolah, menikah, punya anak, tua kemudian menunggu ajal. Setidaknya seperti itu yang selama ini dijalani.

Sulit sekali bagi manusia jika hanya mengandalkan logika untuk mencari jawaban apa sebenarnya ini kehidupan manusia. Namun jawaban yang tepat dapat ditemukan dalam sebuah kitab yang memang dibuat oleh si perancang kehidupan ini sekaligus pemiliknya. Jawaban dapat diketemukan jika manusia menyadari siapa yang menciptakan kehidupan dunia dan seisinya. Allah SWT dalam Adz-Dzariat .ayat 56-58 berfirman:
Berdasarkan ayat tersebut, dengan mudah manusia bisa mendapat pencerahan bahwa eksistensi manusia di dunia adalah untuk melaksanakan ibadah / menyembah kepada Allah Swt dan tentu saja semua yang berlaku bagi manusia selama ini bukan sesuatu yang tidak ada artinya. Sekecil apapun perbuatan itu. Kehadiran manusia ke bumi melalui proses kelahiran, sedangkan kematian sebagai pertanda habisnya kesempatan hidup di dunia dan selanjutnya kembali menghadap Allah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya semasa hidup di dunia.

Pada ayat 57, Allah menegaskan bahwa Allah sekali-kali tidak pernah membutuhkan apapun dari makhluk-Nya. Semua bentuk ibadah yang disyariatkan akan dikembalikan balasannya kepada makhluk-Nya. Allah menciptakan manusia, dan Allah juga yang memberikan tuntunan kepada manusia agar memperoleh kebahagiaan di sisi-Nya kembali. Allah menghendaki agar manusia hidup bahagia di dunia dan akhirat. Setelah manusia dilahirkan ke dunia, manusia diberi keleluasaan untuk memilih. Pilihannya itulah yang menentukan hasil akhir dari perjalanan hidup manusia sampai di Hari Akhir nanti.

Ayat 58, Allah memberikan ultimatum bahwa hanya Allah yang Maha Perkasa. Semua makhluk berada di bawah kekuasaan-Nya. Allah yang memberikan rezeki, Allah tidak membutuhkan rezeki.

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi