Metode Mudah Menghafal Huruf Jepang (Hiragana & Katakana)

Tidak mudah untuk mempelajari huruf Jepang yang memiliki 3 bentuk huruf yang dipakai untuk keperluan yang berbeda. Tulisan Jepang terbagi kepada tiga:
  1. Aksara Kanji (漢字) yang berasal dari China
  2. Aksara Hiragana (ひらがな) dan
  3. Aksara Katakana (カタカナ);
Banyak orang sudah pusing ketika pertama kali ingin belajar huruf jepang padahal belajar huruf jepang tidaklah serumit yang dipikirkan. Untuk pemula biasanya disekolah-sekolah bahasa jepang siswa akan diajarkan 2 huruf jepang  terlebih dahulu yaitu hiragana dan katakana.
Sebelum menyebutkan metode menghafal yang mudah sebaiknya kita tau dulu apa kegunaan huruf hiragana dan katakana:

Kegunaan Hiragana
  1. Menulis akhiran kata (okurigana, 送り仮名). Contoh: okuru (mengirim) ditulis: 送. Yang bercetak tebal itulah okurigana.
  2. Menulis kata keterangan (adverb), beberapa kata benda (noun) dan kata sifat (adjektif).
  3. Perkataan-perkataan yang penulisan Kanji-nya tidak diketahui atau sudah lama tidak digunakan.
  4. Menulis bahan bacaan anak-anak seperti buku teks, animasi dan komik (manga).
  5. Menulis furigana, dikenal juga dengan rubi, yaitu teks kecil di atas kanji, yang menandakan bagaimana suatu kata dibaca. Misalnya:
     べんきょう
    勉強 する

Kegunaan Katakana

Dalam bahasa Jepang modern, katakana yang paling sering digunakan untuk transkripsi kata-kata dari bahasa asing (selain kata-kata historis diimpor dari Cina), yang disebut gairaigo. Sebagai contoh, "televisi" ditulis terebi (テレビ). Demikian pula, katakana biasanya digunakan untuk nama negara, tempat-tempat asing, dan nama pribadi asing. Sebagai contoh, Amerika Serikat biasanya disebut sebagai アメリカ (amerika).

METODE cepat menghafal huruf jepang ini sebenarnya mudah dilakukan, yang diperlukan hanyalah kesungguhan hati (niat yang kuat), pensil dan kertas. Kenapa begitu ? karena untuk menghafal huruf jepang ini kita harus menghafalkan bentuk, urutan coretan dan bunyi, hiragana dan katakana dasar masing-masing memiliki  46 huruf (belum termasuk kombinasi huruf), tentunya cukup sulit dilakukan untuk orang-orang yang melakukannya dengan setengah hati. Cara terbaik untuk menghafal adalah dengan menulis, tidak perlu terburu-buru ingin cepat hafal tapi rajinlah menulis diulang terus menerus dari AIUEO sampai N (huruf terahir). Dan cobalah untuk melakukan permainan tebak huruf dan jika memungkinkan ajaklah dengan teman anda. Dengan cara itu saja anda sudah bisa menghafal huruf hiragana dan katakana kurang dari 2 minggu yaitu dengan menulis dan fokus. Tapi masih ada metode terahir yaitu belajar dengan aplikasi, karena saya yakin anda lebih sering memegang smartphone dari pada pensil dan kertas, cara ini akan semakin efektif.  Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Hiragana Katakana (Indonesia), aplikasi ini cukup lengkap dan praktis untuk digunakan menghafal karena menyediakan urutan coretan, bunyi, dan fitur untuk menulis huruf. Aplikasi ini bisa didownload di playstore melalui link berikut HIRAGANA KATAKANA.

 https://play.google.com/store/apps/details?id=com.emboxs.hiraganakatakanahttps://play.google.com/store/apps/details?id=com.emboxs.hiraganakatakana


https://play.google.com/store/apps/details?id=com.emboxs.hiraganakatakana
Download

Metode diatas bersumber dari pengalaman saya pribadi dan saya berhasil menghafal huruf hiragana dan katakana kurang dari 2 minggu. Bahkan metode ini berhasil dilakukan oleh teman saya dan berhasil menghafalkan hiragana dan katakana hanya dalam satu minggu. Sekali lagi niat adalah modal utama,  がんばってください (ganbatte kudasai)...

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi