8 Penyebab Kerusakan Pada Komputer

Beberapa waktu lalu saya menemukan artikel dari internet yang cukup membantu mengalisa masalah system crash untuk OS Windows. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mengalami masalah dengan OS Windows-nya. Bagi Anda yang belum mengalami, mungkin dapat mencegahnya dengan mengikuti tips-tips dalam artikel ini.
  1. Konflik hardware (rebutan IRQ) Konflik hardware biasanya akan Anda jumpai setelah membuka Device Manager. Di sana akan Anda dapati hardware yang diikuti dengan tanda seru (konflik). Untuk mengatasinya, Anda harus menyiapkan driver yang cocok untuk device tersebut, kunjungi saja situs web-nya. Setelah itu, hapus "tanda seru" dari Device Manager, kemudian lakukan instalasi ulang. 
  2. RAM jelek RAM (Random Access Memory), dengan penggunaan Ram yang jelek atau tidak wajar (BAD RAM) akan membawa anda berhadapan dengan sang maut si layar biru (Blue Screen Of Death). Hal ini bisa disebabkan oleh ketidaksesuaian dari chips, misalkan mixing 70-nanosecond (70ns) Ram, Ram dengan 60ns, hal itu biasanya akan memaksa komputer anda menjalankan semua Ram pada kecepatan yang lambat akibatnya komputer mengalami crash. 
  3. Kesalahan konfigurasi BIOS. Apabila anda mencoba mengubah setting standart pada BIOS di komputer alangkah baik nya anda coba catat konfigurasi standartnya terlebih dahulu sebelum merubahnya untuk mencegah terjadinya kesalahan yang menyebabkan komputer mengalami crash. Biasanya kesalahan umum tersebut mengenai CAS latency yang mengarahkan kepada RAM. Older EDO (extended data out) Ram has a CAS latency of 3. 
  4. Hardisk drive. Berjalannya waktu pemakaian komputer akan membuat Hardisk menjadi penuh, ada baiknya anda melakukan DEFRAGMENT setiap 1 minggu atau lebih untuk menhindari Hardisk menjadi Freeze dan akhirnya komputer akan mengalami Crash. Dalam hal ini Kebiasaan selalu menginstall ulang System Operasi setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali. 
  5. Virus. Virus pun mempunyai peranan dalam hal membuat komputer crash. Beberapa Virus mencoba menghapus Boot Sector dari Hardisk sehingga komputer anda tidak dapat berjalan. Jadi pakailah Antivirus Terbaik untuk melindungi Komputer anda. 
  6. Software tidak semua software yang di jual di pasaran cocok, dengan spesifikasi komputer yang kita miliki maka jika kita ingin menginstal suatu software jangan lupa, cocokan dengan spack-spack komputer kita terlebih dahulu. 
  7. Overheating / kepanasan. Pemakaian listrik yang berlebihan akan membuat pc menjadi panas,dan efek dari overheating alias kepanasan itu pc menjadi sering mati tanpa sebab untuk mengatasi itu cek temperature dari pc pada bios dan processor, jika diatas normal cpu otomatis mati. 
  8. Masalah Power supply. Kebanyakan pengguna PC lebih mementingkan penggunaan processor, video card, RAM, ataupun komponen lainnya yang digunakan pada sistemnya. Semua ingin menggunakan komponen yang berkualitas, namun untuk PSU sering terlupakan. PSU yang menjadi penyuplai tenaga untuk semua komponen PC. juga sangat penting untuk diperhatikan. Biasanya kerusakan pada psu/power suply adalah komputer mati dan tidak mau hidup lagi komputer mengeluarkan bau terbakar sebagian masalah itu mutlak di sebabkan karena buruknya kualitas psu. 

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi