Sukhoi PAK FA Pesawat Tempur Rusia

PAK-FA adalah singkatan dari 'Perspektivny aviatsionny kompleks frontovoy aviatsii' atau dalam bahasa inggrisnya : Future Frontline Aircraft System.

Adalah pesawat tempur generasi ke-5 yang dikembangkan oleh Sukhoi OKB untuk Angkatan Udara Rusia. Prototipenya yang sekarang adalah dengan kode T-50.


PAK-FA ini bertujuan untuk menggantikan armada MiG-20 Fulcrum dan Su-27 Flanker. Desain pesawat tempur ini sendiri secara langsung untuk menandingi F-22 Raptor dan F-35 Lightning II, dari AS. Penerbangan pertamanya dilakukan pada 29 Januari 2010, penerbangan kedua pada 6 Februari, dan yang ketiga pada tanggal 12 Februari. Sampai akhir Juni 2010, ia telah melakukan total penerbangan 16 kali.


Informasi fiturnya menurut Russian Air Force and Defense Ministry meliputi : stealthy, supercruise, dilengkapi dengan misil air-to-air, air-to-surface, air-to-ship. AESA radar dengan 1500 elemen array, dan mengintegrasikan 'artificial intellegence'.

Data yang ditangkap oleh radar pesawat ini, bisa langsung dishare dengan pesawat tempur lainnya. Menggunakan 3D thrust vectoring engines, body titanium alloy. Desain pesawat ini dirancang lebih 'maneuverable' dari F-22 Raptor dengan biaya produksi yang jauh lebih murah.

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi