Cara Proteksi CD Agar Tidak Bisa di Copy

Bagaimana caranya agar CD/DVD yang berisi data, musik, film dan sebagainya tidak bisa dicopy / diduplikasi oleh orang lain tanpa  adanya ijin dari kita (sang pembuat).

Pastinya kalian ingin kan CD yang berisi hasil karya kalian di copy sembarangan tanpa ijin ? Karena itu, silahkan pelajari langkah langkah untuk proteksi CD di bawah ini.

Oke, dalam pembahasan proteksi cd dari copy, aku membutuhkan 4 software / aplikasi :
  1. Nero ( banyak situs yang menyediakan download Nero )
  2. Clone CD ( http://www.slysoft.com/en/clonecd.html )
  3. CD Secure ( http://www.gold-software.com/CDSecure-file9707.html )
  4. WTM CD Protect ( http://www.webtoolmaster.com/ )
Oke, jika sudah punya semuanya, silahkan install/pasang pada komputer/lapotop. Sekarang masuk ke langkah-langkah proteksi CD.
  1. Kelompokkan data-data yang akan di burn di CD dalam satu folder agar lebih mudah.
  2. Kemudian copy 2-3 file image error yang dimiliki oleh WTM CD Protect. Filenya berada di dalam folder Image-imp yang berada pada folder dimana Anda install software ini, biasanya di C:\Program Files\Wtm CD Protect\Imp-Image\Image-Imp.
  3. Pilih beberapa file *.imp, untuk rekomendasi copy file image5.imp, image6.imp dan image7.imp Semakin tinggi angka imagenya, semakin tinggi pula tingkat enkripsinya, tapi semakin besar kapasitas yang dibutuhkan.
  4. Setelah itu paste file tersebut di dalam folder yang berisi data – data yang akan Anda burn tadi.
  5. Kemudian siapkan 1 buah CD kosong, lalu masukkan pada CD Writer, dan buka aplikasi CD Secure dan isi form-form yang ada sesuai keinginan Anda. Tujuannya adalah membuat file ISO. Setelah ISO berhasil terbuat, silahkan open ISO tersebut dengan software yang sama. Lalu pilihlah folder terpenting yang berisi file – file utama untuk disembunyikan agar tidak bisa terlihat walau dengan cara apapun. Setelah itu save kembali  ISO nya. Dan tutup aplikasi ini.
  6. Sekarang buka aplikasi Nero untuk burn ISO ke dalam CD kosongan tadi. MelaluiNero Burning Rom, pilih menu Recorder-Burn Image. Setelah selesai burning, masukkan kembali CD nya, lalu buka aplikasi Clone CD.
  7. Tujuan kali ini adalah membuat file image dari CD tersebut. Buatlah image dari CD tersebut dengan Clone CD.
  8. Buka aplikasi WTM CD Protect, dan masuk ke menu Option untuk memilih tingkat enkripsi, pilih sesuai file image error yang Anda copy tadi. Misal Anda tadi hanya copy file image5.imp maka di menu option Anda hanya bisa pilih level 5.
  9. Kemudian save option, pindah ke menu Image File. Pilih file image yang sudah dibuat dari Clone CD tadi, lalu klik menu Protect.
  10. Setelah berhasil, keluarkan CD yang ada isinya tadi, ganti dengan CD kosongan. Lalu pindah ke aplikasi Clone CD, pilih menu Write Image To Disc. Pilih file image yang sudah diproteksi oleh WTM tadi.
  11. Kemudian burn image tersebut dengan Clone CD. Tinggal ikuti perintah – perintahnya. Mudah kok.
  12. Jika sudah 100%, masukkan kembali CD yang kedua itu,,, dan coba data yang ada di dalamnya Anda copy ke hard disk atau dengan Copy CD. Anda akan mengetahui hasilnya bahwa CD Anda tidak dapat diduplikasi.
NB : Cara ini sudah terbukti bisa proteksi data apapun : mp3, film, data, gambar dan sebagainya dalam CD maupun DVD.

Related Posts:
Thank you for your visit. Support Pisbon™

Post a Comment

Maaf spam dan link promosi yang kelewatan masuk spam... makasih dan sekali lagi maaf