Foto-foto Tank Leopard Yang Ditolak PKS

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS, Al Muzzammil Yusuf menegaskan penolakan terhadap pembelian 100 tank Leopard bukanlah tanpa kajian yang matang. “Saya memandang penguatan Alutsista TNI merupakan sebuah keniscayaan, yang dipersoalkan adalah pembelian Alutsista yang tidak sesuai dengan rencana strategis Kemenhan dan visi kemandirian teknologi domestik, terutama industri strategis,” Papar Muzzammil dalam rilisnya di Jakarta.

Menurut Muzzammil minimal ada 5 alasan kenapa harus menolak pembelian tank Leopard bekas dari Belanda. Pertama, TNI dan Kemenhan harus memahami bahwa anggaran untuk membeli Alutsista terbatas. Anggaran untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF) menurut Juwono Sudarsono, mantan Menteri Pertahanan sekitar 120 Triliun. Tahun 2011 anggaran dari APBN sebesar Rp 47,5 triliun, sedangkan 2012 meningkat menjadi Rp 64,4 triliun.

“Dengan anggaran terbatas ini kami harap Kemenhan dapat mengoptimalkan pengadaan Alutsista sinergi dengan visi kemandirian teknologi domestik. Sehingga kedepan tidak lagi konsumen yang tergantung dengan pihak luar, tapi menjadi produsen Alutsista yang mandiri.” Ujarnya

Kalaupun harus impor Alutsista dari luar negeri, maka harus dipastikan adanya kesepakatan transfer teknologi dari negara penjual dan ada jaminan keleluasaan dalam pemakaian serta ketersediaan suku cadang. Sehingga para ahli di bidang teknologi industri strategis Indonesia dapat diberdayakan untuk mewujudkan kemandirian teknologi. “Kita harus mencegah mereka pergi ke luar negeri sehingga tidak terjadi brain drain.” Ujar politisi PKS dari Dapil I Lampung ini.




Pasang IKLAN dan Dapatkan Uang dari Website atau Blog anda dengan BidVertiser

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi