Addunya jifah watulaabuha kilab, Aldunya jifat faman 'aradaha falyasbir ealaa mukhalatat alkilab

الدنيا جيفة وطلابها كلاب

Artinya : Dunia adalah bangkai, penuntutnya anjing.


الدنيا جيفة فمن أرادها فليصبر على مخالطة الكلاب

Artinya : Dunia adala bangkai, maka barangsiapa yang menghendakinya, maka hendaknya bersabar bergaul dengan anjing.


Rasullulah memegang bangkai anak kambing cacat dan berkata "dunia di hadapan Allah tidak lebih baik dari ini".

Sayidina Ali ra berkata: ad-dunya jifah (dunia adalah bangkai). Al-Ghazali merasionalkan perkataan Ali ra ini dengan baik. Katanya:

Ibarat ada beberapa orang pergi ke sebuah warung makan yang terkenal enak luar biasa. Lezatnya makanan di warung ini sudah masyhur ke mana-mana. Sesampainya di warung itu, salah satu dari mereka kebelet kencing, lalu dia pergi ke toilet.

Kemudian, secara tidak sengaja dia melihat para koki warung itu sedang memasak. Karena penasaran, akhirnya dia mengintip, melihat bagaimana prosesnya.

Sungguh di luar dugaan, koki yang memasak ternyata jorok, sampai-sampai orang yang mengintip ini tidak tahan dan pergi. Dia kembali ke meja dengan teman-temannya.

Tak lama kemudian, makanan yang dipesan datang. Rombongan itu terlihat senang, lalu makan dengan lahap, kecuali orang yang mengintip tadi. Dia tak punya selera makan, karena selalu teringat pada proses menjijikkan yang dia lihat.

Nah, menurut al-Ghazali, orang inilah gambaran dari Sayidina Ali ra yang menganggap dunia sebagai bangkai. Oleh al-Ghazali, Sayidina Ali ra dikatakan mengetahui hakekat dunia sehingga beliau menganggapnya sebagai bangka.


Related Posts:
Thank you for your visit. Support Pisbon™

Post a Comment

Maaf spam dan link promosi yang kelewatan masuk spam... makasih dan sekali lagi maaf