Tips Mengatasi, Menghapus Virus ShortCut


Awali dengan do'a yang khusuk agar semua lancar dan berjalan dengan baik, lalu silahkan coba buka Windows Explore, (U/ Win XP) Pilih Tools > Folder Options > View. Pada bagian Hidden Files and Folders Pilih Show Hidden Files and Folders dan dibagian bawah cari Hide Protected Operating System (Recomended) kemudian hilangkan centangnya. Selanjutnya Klik OK untuk menutup window Folder Option.

Untuk window 7 dan window 8 hampir sama tinggal ubek-ubek di window explorer atau kontrol panel ada. klo masih bingung langsung ke langkah mengatasi saja. 

Dengan mengikuti langkah di atas sebenarnya file dan folder Anda sudah dapat dibuka namun dalam keadaan ter-hidden (bukan hidden biasa). Bagaimana cara menghapus virus shortcut tersebut. Sebenarnya bukan perkara yang sulit dilakukan hanya dengan menggunakan tools bawaan windows yakni CMD.
sebelum kita mulai, alangkah baiknya selikas kita kenalan dulu sama virus ini dulu. Tenang saja virus ini tidak menjakit manusia, jadi anda tak perlu khawatir dan cemas tertular.

Oke langsung saja Virus Shortcut atau disebut juga Ramnit adalah sebuah virus yang menyerang file dengan Ekstensi EXE dan DLL, dan sesuai namanya (shortcut) maka hal yang menjengkelkan dari virus ini adalah selalu membuat shortcut yang tidak jelas.

Salah satu ciri yang mencolok adalah semua file maupun folder akan berubah menjadi shortcut dan file ataupun folder aslinya disembunyikan (hidden) oleh virus tersebut. Untuk melihat file maupun folder aslinya sebenarnya bisa dilakukan pada pengaturan folder option.

Langkah-langkah Menghapus Virus ShortCut pada FD adalah :
  • Pastikan Flashdisk (FD) tercolok pada komputer/laptop
  • Buka windows Explore dan perhatikan drive FD. Misal Drive F
  • Tekan tombol Win + R pada keyboard untuk membuka Windows RUN
  • Ketikkan "CMD" (tanpa tanda petik) kemudian klik OK
  • Muncul window CMD ketikkan drive FD: Anda. Misal F: kemudian tekan ENTER
  • ketikkan ATTRIB -S -R -H /S /D kemudian tekan ENTER
  • Tunggu sampai proses selesai. Perintah di atas berfungsi untuk mengembalikan file dan folder yang terjangkiti virus shortcut
  • Periksa file dan folder Anda pada FD. FIle dan folder yang sebelumnya ter-hidden akan kembali normal
  • Langkah selanjutnya hapus semua file dan folder shortcut yang tidak jelas. Caranya buka kembali CMD dan ketikkan perintah del *.LNK
  • Untuk virus shortcut yang ada pada komputer/laptop cara menghapusnya sama saja dengan langkah di atas.
Demikian Sobat Cara Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software semoga bisa bermanfaat.

Related Posts:
Thank you for your visit. Support Pisbon™

Post a Comment

Maaf spam dan link promosi yang kelewatan masuk spam... makasih dan sekali lagi maaf