Cara Mencegah CPU Komputer Terlalu Panas

Overheating atau Processor komputer terlalu panas dapat menyebabkan sistem komputer dan tidak berfungsi lagi ketika beberapa bagian meleleh karena overheating tadi. Hal terburuk, dapat menyebabkan kebakaran yang dapat membakar Motherboard komputer plus properti disekitarnya.

Tentu kita semua tidak pernah ingin hal itu terjadi. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu siapapun untuk mencegah komputer terlalu panas.
  1. Anda dapat mencegah overheating CPU dan bencana tadi dengan memilih casing komputer dengan ukuran dan dimensi yang tepat, menghindari kelebihan beban dan penyalahgunaan komputer melalui modifikasi perangkat keras untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja dari CPU, dan menjaga proses pendinginan yang efisien. 
  2. Anda juga harus menempatkan komputer Anda di tempat yang berventilasi baik yang akan memungkinkan masuknya udara dingin ke CPU. Daerah ini juga harus tidak padat untuk memberikan ruang bagi udara panas yang dikeluarkan dari pendingin CPU. 
  3. Casing juga harus memiliki cukup ruang untuk udara panas yang dikeluarkan oleh sejumlah perangkat seperti hard disk, prosesor, video card, dan chipset dari motherboard. 
  4. Pastikan juga bahwa casing yang Anda pilih memiliki ventilasi yang cukup untuk memungkinkan udara panas untuk bebas mengalir keluar dari CPU. 
  5. Hindari overclocking untuk meningkatkan kecepatan CPU yang tidak tepat. Hal ini dilakukan dengan mengubah tegangan dan frekuensi sistem komputer, menyebabkan panas lebih tinggi dan kadang-kadang melebihi kemampuan sistem pendingin. 
  6. Jika perlu tambahkan satu lagi kipas pengisap panas dari dalam casing. Ini biasanya ditempatkan pada bagian belakang casing. 
  7. Bersihkan bagian-bagian komputer secara teratur terutama komponen yang mengeluarkan panas ketika bekerja. Bersihkan juga semua aluminium dan kipas pendingin pada komponen mana saja yang menggunakannya. 
  8. Cek secara rutin bagian-bagian yang disebutkan pada nomor 7 diatas dan pastikan mereka dalam kondisi prima.

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi