Menit ke Menit Hilangnya Malaysia Airlines


Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang diduga hilang dalam rute penerbangan Kuala Lumpur menuju Beijing hingga kini belum ditemukan. Sebanyak 239 penumpang berada di pesawat berjenis Boeing 777-200 tersebut. Berikut kronologi hilangnya pesawat nahas itu seperti dilansir The Star, Minggu (9/3/2014).

Sabtu, 8 Maret

Pukul 00:41 waktu setempat

Pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur. Pesawat tersebut terdiri dari 239 penumpang dengan dua di antaranya masih bayi.

Pukul 01.30 waktu setempat

Sinyal pesawat tiba-tiba menghilang dari radar Departemen Penerbangan. Saat itu pesawat tidak terlacak oleh wilayah udara China dan juga tidak dapat dihubungi oleh pengawas udara China.

Pukul 06:40 waktu setempat

Pesawat dijadwalkan tiba di Beijing, China.

Pukul 10:15 waktu setempat

Terdapat laporan palsu yang menyebutkan pesawat MH370 telah mendarat darurat di Nanning , China diterbitkan. Tak lama kemudian, berita tersebut dinyatakan tidak benar oleh pihak berwenang.

Pukul 11:55 waktu setempat

Kembali didapat laporan palsu, kali ini dari otoritas penerbangan Vietnam yang menyebutkan bahwa sinyal MH370 ditemukan. Tak lama kemudian, berita tersebut juga dinyatakan tidak benar oleh pihak berwenang.

Pukul 12:00 waktu setempat

CEO Malaysia Airlines Ahmad Jauhari Yahya dalam konferensi pers mengatakan, penumpang yang berada di pesawat terdiri dari 14 negara berbeda. Terbanyak berasal dari China yaitu 153 orang.

Pukul 12:30 waktu setempat

Maskapai Malaysia Airlines mengatakan titik akhir pesawat masih bisa dihubungi adalah pada 120 mil timur laut dari Kota Baru di lau China Selatan.

Pukul 12:50 waktu setempat

Tim penyelamat dari Vietnam menyangkal jika sinyal pesawat MH370 telah terdeteksi.

Pukul 13.00 waktu setempat

China mengirimkan dua kapal penyelamatan ke Laut China Selatan untuk membantu dalam operasi pencarian dan penyelamatan penumpang MH370 yang diduga hilang.

Pukul 13:10 waktu setempat

Kedutaan Besar Malaysia di Beijing menyampaikan kepada publik kontak yang bisa dihubungi terkait peristiwa ini. Semua informasi yang berkaitan dengan insiden ini dapat menghubungi +86 10 6532 2531/2/3.

Pukul 13:30 waktu setempat

Pernyataan yang dimuat di situs resmi pemerintah Vietnam menyatakan bahwa tidak pernah terjadi perpindahan kontrol saat pesawat hilang kontak di dekat Provinsi Ca Mau dan beralih ke kota Ho Chi Minh.

Pukul 14.00 waktu setempat

Maskapai mengumunkan nama-nama resmi penumpang yang berada di dalam pesawat.

Pukul 14.20 waktu setempat

Laporan tidak resmi dari media di Vietnam dan China tentang pernyataan dari Angakatan Laut Vietnam bahwa pesawat jatuh di Laut China Selatan dan kapal penyelamat telah mengarah ke sana.

Pukul 15:00 waktu setempat

Dilakukan verifikasi terkait adanya laporan penampakan puing-puing pesawat MH370 di dekat sebuah pulau di sisi selatan.

Pukul 16.20 waktu setempat

Pemerintah Vietnam menegaskan bahwa pesawat MH370 menghilang saat berada di wilayah udara Vietnam.

Pukul 18:00 waktu setempat

Vietnam, Singapura, Filipina dan Amerika Serikat telah bergabung untuk melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.

Pukul 19.00 waktu setempat

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan area pencarian diperluas.

Pukul 21:00 waktu setempat

Ada laporan dari Departemen Penerbangan Sipil Vietnam bahwa terdapat dua spot minyak raksasa di lepas pantai selatan. Diduga berasal dari bahan bakar yang pesawat Boeing 777-200 yang diduga hilang.

Lebih dari 24 jam berlalu, proses pencarian pesawat yang diduga hilang belum membuahkan hasil. Keluarga penumpang diminta menunggu di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Related Posts:
Thank you for your visit. Support Pisbon™

Post a Comment

Maaf spam dan link promosi yang kelewatan masuk spam... makasih dan sekali lagi maaf