Mengenal Teknologi Layar LCD Terbaru

iPhone 4 (IPS Retina Display), HTC Desire (Super LCD), and the Samsung Galaxy S (Super AMOLED)

1# TFT LCD

TFT adalah kependekan dari Thin Film Transistor, yaitu varian dari Liquid Crystal Display(LCD). Sesuai namanya “TFT” , Jenis layar ini menggunakan teknologi Transistor Film yang tipis untuk meningkatkan kualitas gambar seperti addressability dan kontras.

TFT LCD digunakan dalam peralatan termasuk televisi, monitor komputer, ponsel, video game portabel, PDA/Tablet, sistem navigasi dan proyektor.

Teknologi TFT ini mampu menghasilkan jutaan warna, ketajaman dan kejernihan yang sangat baik. TFT LCD juga memiliki tingkat responsivitas yang sangat baik terhadap sentuhan jari tangan.

Kekurangan TFT LCD terletak pada sudut pandang pengguna. Tampilan layar berteknologi TFT ini berbeda saat dilihat dari sudut kemiringan. Selain itu, jenis layar smartphone yang satu ini akan membutuhkan daya yang sangat besar sehingga dapat menguras isi baterai dalam waktu yang lebih cepat.

2# IPS LCD

IPS (In-plane switching) adalah teknologi layar yang digunakan untuk liquid crystal display (LCD), sehingga kita sebut IPS LCD. Jenis teknologi layar ini dirancang untuk memecahkan keterbatasan utama twisted efek medan nematic (TN) LCD matriks di akhir 1980-an.

Dan akhirnya pnelitian dan riset tersebut membuahkan hasil. Pada tahun 1996 perusahaan asal Jepang, Hitachi, mengembangkan teknologi layar TFT guna memperbaiki beberapa kelemahan yang terdapat didalamnya. Antara lain memperbaiki viewing angle(sudut pandang pengguna), tingkat reproduksi warna, serta tingkat responsivitas. Hasil pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan asal Jepang tersebut kemudian dikenal dengan istilah IPS atau In Plane Switching.

Kelebihan yang dimiliki layar IPS antara lain memiliki tingkat akurasi warna yang lebih tinggi serta viewing angle yang lebih luas. Dengan demikian, kejernihan dan ketajaman layar IPS dapat tetap terjaga meski dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Selain itu, layar IPS memiliki panel yang cukup kuat sehingga tahan terhadap benturan.

Kelemahan jenis layar IPS LCD yang belum dapat dihilangkan adalah konsumsi daya yang masih tergolong cukup besar.

3# AMOLED

AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, yaitu jenis teknologi layar yang dihasilkan dari hasil perpaduan antara teknologi OLED dan active matrix TFT LCD konvensional. AMOLED merupakan bentuk pengembangan dari layar OLED pasif biasa, yang dapat mengubah setiap piksel dengan efisien dan secara langsung.

Jenis teknologi layar ini dikembangkan oleh Samsung dari layar OLED pasif biasa. Dari hasil inovasi terciptalah layar sentuh atau touchscreen pertama didunia yang berbasis OLED yang diberi nama AMOLED.

Kelebihan Smartphone ataupun Tablet yang menggunakan jenis layar AMOLED antara lain;
Mampu menghasilkan tingkat ketajaman yang sangat sempurna, serta dapat menghemat daya hingga 40% lebih kecil dibanding jenis layar lainnya.
Mampu memberikan tampilan yang terbaik meski berada dibawah sinar matahari sekalipun.
Memiliki konfigurasi warna RGB sehingga dapat menampilkan warna foto dan video dengan tingkat kecerahan dan ketajaman yang sangat baik.

4# Super AMOLED

Super AMOLED adalah istilah Samsung untuk layar AMOLED dengan beberapa peningkatan pada integrasi ‘sentuhan’ layar dan tingkat kecerahan.

Secara teknik Super AMOLED ini terdapat lapisan yang mendeteksi sentuhan yang lansung diintegrasikan ke layar, sementara AMOLED masih overlay di atasnya. Untuk peningkatan di kecerahan, ketika di luar ruangan dan terkena sinar matahari Super AMOLED akan lebih bisa menyesuaikan dibandingkan AMOLED hingga 5x.

5# Super LCD

Super LCD atau S-LCD adalah teknologi layar yang digunakan oleh banyak produsen untuk menampilkan perangkat mobile. Panel Super LCD diproduksi oleh S-LCD Corporation.

Super LCD berbeda dari LCD biasa, dia tidak memiliki celah udara antara kaca bagian luar dengan elemen layar. Sehingga mengurangi silau dan pengguna merasa “lebih dekat” ke layar itu sendiri. Manfaat Super LCD juga termasuk konsumsi daya yang rendah dan meningkatkan visibilitas di luar ruangan. Super LCD telah digantikan oleh yang lebih baru super LCD2 (S-LCD2) display.

6# IPS Retina Display

Retina Display adalah nama merek yang digunakan oleh Apple untuk layar yang memiliki kerapatan piksel sekitar 300 PPI. Istilah ini sangat khusus dan digunakan untuk beberapa produk Apple.

IPS Retina Display hadir dengan teknologi canggih untuk menciptakan kepadatan piksel yang sangat tinggi sehingga terlihat kejernihan sempurna dari teknologi sebelumnya. Layar Retinanya tidak berada di balik lapisan kaca, kaca itulah layar Retina. Yang artinya, semua keunggulan layar canggih, warna-warna cemerlang, kontras tinggi, sudut pandang lebar dan tentunya tanpa silau.

Lo Masih 0 komentar, dikomentari donk.!

Tinggalkan Komentar. Kalau tidak mau komentar ya, tinggalin duwit ya..hihihi